Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
banner 728x250
News

Sosialisasi Germas, Program Dinkes Bolmut Dalam Upaya Pencegahan Stunting

×

Sosialisasi Germas, Program Dinkes Bolmut Dalam Upaya Pencegahan Stunting

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Germas oleh Dinkes Bomut
Sosialisasi Germas oleh Dinkes Bomut

Bolmut – Dalam upaya pencegahan stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) secara masif melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di tingkat kecamatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di seluruh wilayah se Kabupaten Bolmut ini melibatkan kepala desa, kader posyandu, dan petugas promosi kesehatan puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, Ali Dumbela, melalui kepala bidang Kesehatan Masyarakat, Meity Tombinawa, menekankan pentingnya Germas dalam mencegah stunting dengan melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.

Kegiatan Germas ini menurut Meity berdampak langsung pada pencegahan stunting, seperti penggunaan jamban sehat yang dapat menghindari penyakit akibat lingkungan yang tidak bersih. Ia berharap dengan implementasi Germas, akan terjadi peningkatan kesehatan masyarakat.

Selain itu, Dinkes juga memberdayakan kader posyandu melalui pembinaan 25 keterampilan yang diperlukan, dengan harapan melibatkan aparat desa dan kader dapat meningkatkan efektivitas posyandu dalam menjangkau anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus terkait gizi dan stunting.

Keseluruhan kegiatan ini ungkap Meity, diharapkan dapat berdampak positif dalam pencegahan stunting di desa.